Skip to main content

Bentuk-Bentuk Komunikasi


Kategori berdasarkan tingkatan (level) paling lazim digunakan untuk melihat konteks komunikasi,dimulai dari komunikasi yang melibatkan jumlah peserta komunikasi paling sedikit hingga komunikasi yang melibatkan orang banyak.terdapat enam tingkat komuinikasi yang di sepakati banyak pakar yaitu :
1.      Komunikasi intrapribadi
Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalah komunikasidengan diri sendiri,contohnya berpikir. Komunikasi ini merupakan landasan komunikasi antarpribadi dan komunikasi dalam konteks-konteks lainnya.meskipun dalam disiplin komunikasi tidak dibahas secra rinci. Dengan kata lain komunikasi intrapribadi ini melekat pada komunikasi dua orang,tiga orang dan seterusnya,karena sebelum kita berkomunikasi dengan orang lian kita biasanya berkomunikasi dengan diri sendiri hanya saja caranya sering tidak kita sadari.
2.      Komunikasi antarpribadi
Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antar orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung,baik secara verbal ataupun non verbal. Bentuk khusus dari komunikasi antarpribadi ini adalah komunikasi diadik (diadic communication) yang hanya melibatkan dua orang,seprti suami-istri,dua sejawat,dua sahabat dekat,dan sebagainya. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah :
·         Pihak-pihak yang berkomunikasi berada dalam jarak dekat
·         Pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerima pesan secar simultan dan spontan ,baik secara verbal maupun nonverbal.
3.      Komunikasi kelompok
Kelompok adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama,yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama. Mengenal satu sama lain dengan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok meskipin setiap amggota mempunyai peran berbeda.kelompok ini misalnya keluarga,tetanmgga,kelompok diskusi dan sebagainya.


Dengan demikian komunikasi kelompok biasanya merujuk pada komunikasi kelompok kecil (small group communication) jadi bersifat tatap muka.komunikasi kelompok dengan sendirinya melibatkan juga komunikasi antar pribadi,karena itu kebanyakan teori komunikasi antarpribadi berlaku juga bagi komunikasi kelompok.
4.      Komunikasi publik
Komunikasi publik (public communication) adalah komunikasi antar seorang pembicara dengan sejumlah besar orang (khalayak), yang tidak bisa di kenali satu persatu.komunikasi demikian juga sering disebut pidato,ceramah,atau kuliah umum.contohnya adalah tabligh akbar K.H Zainuddin MZ merupan salah satu contoh komunikasi publik . beberapa pakar komunikasi menggunakan istilah komunikasi kelompok besar (large group communication).
5.      Komunikasi organisasi
Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi,bersifat formal dan berlangsung dalam jaringan yang lebih bessar daripada komunikasi kelompok. Oleh karena itu,organisasi dapat diartikan sebagai kelompok dari kelompik-kelompok. Komunikasi organisasi sering kali melibatkan komunikasi diadik,antarpribadi dan adakalanya juga  komunikasi publik. Komunikasi formal adalah komunikasi menurut struktur organisasi, yakni komunikasi kebawah,keatas,dan komunikasio horizontal. Sedangkan komunikasi informal tidak bergantung pada struktur organisasi, seperti komunikasi antarsejawat.
6.      Komunikasi massa
Komunikasi massa ( mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media –massa,baik media cetak (surat kabar dan majalah) atau elektronik (televisi dan radio), berbiaya relatif mahal,yang dikelola oleh suatu lembaga  atau orang yang dilembagakan, yang ditunjukan pada sejumlah besar orang yanmg tersebar dibanyak tempat,anonim,heterogen. Pesan-pesannya bersifat umum, disampaikan secara cepat, serentak, dan selintas (khususnya media elektronik).Meskipun khalayak adakalanya menyampaikan pesan kepada lembaga, karena lembagalah yang menentukan agendanya . komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok , komunikasi publik dan komunikasi organisasi berlangsung juga dalam proses untuk mempersiapkan pesan yang di sampaikan media massa ini.


Comments

Popular posts from this blog

Akira Muslim Watashi Wa

Pengarang        : Helvy Tiana Rosa Penerbit            : PT Syamil Cipta Media, Cetakan           : Cetakan kelima:Maret 2005 SINOPSIS Novel ini menceritakan tentang perjalanan hidup   seorang mualaf yang berasal dari jepang bernama akira. Akira menjadi mualaf saat menjadi mahasiswa jurusan sastra di Universitas Indonesia dengan awal mengikuti forum amal dan studi islam. Setelah dua tahun akira memperoleh pendidikan di negara indonesia, dia memutuskan untuk pulang ke jepang negara kelahirannya. Dengan rasa takut, cemas, dan berat, akira pulang ke jepang karena bekal ilmu keislamannya yang masih kurang. Jepang merupakan negeri maju dalam tekhnologi tapi mayoritas memiliki kepercayaan terhadap para dewa dan mereka memiliki jiwa yang rqapuh karena tidak perduli harus menganut agama apa. Orang jepang tidak mudah di doktrin dengan pemahaman...