Kategori
berdasarkan tingkatan (level) paling lazim digunakan untuk melihat konteks
komunikasi,dimulai dari komunikasi yang melibatkan jumlah peserta komunikasi
paling sedikit hingga komunikasi yang melibatkan orang banyak.terdapat enam
tingkat komuinikasi yang di sepakati banyak pakar yaitu :
1. Komunikasi
intrapribadi
Komunikasi
intrapribadi (intrapersonal communication)
adalah komunikasidengan diri sendiri,contohnya berpikir. Komunikasi ini
merupakan landasan komunikasi antarpribadi dan komunikasi dalam konteks-konteks
lainnya.meskipun dalam disiplin komunikasi tidak dibahas secra rinci. Dengan
kata lain komunikasi intrapribadi ini melekat pada komunikasi dua orang,tiga
orang dan seterusnya,karena sebelum kita berkomunikasi dengan orang lian kita
biasanya berkomunikasi dengan diri sendiri hanya saja caranya sering tidak kita
sadari.
2. Komunikasi
antarpribadi
Komunikasi
antarpribadi (interpersonal communication)
adalah komunikasi antar orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap
pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung,baik secara verbal
ataupun non verbal. Bentuk khusus dari komunikasi antarpribadi ini adalah
komunikasi diadik (diadic communication)
yang hanya melibatkan dua orang,seprti suami-istri,dua sejawat,dua sahabat
dekat,dan sebagainya. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah :
·
Pihak-pihak yang
berkomunikasi berada dalam jarak dekat
·
Pihak-pihak yang
berkomunikasi mengirim dan menerima pesan secar simultan dan spontan ,baik
secara verbal maupun nonverbal.
3. Komunikasi
kelompok
Kelompok
adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama,yang berinteraksi
satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama. Mengenal satu sama lain dengan memandang
mereka sebagai bagian dari kelompok meskipin setiap amggota mempunyai peran
berbeda.kelompok ini misalnya keluarga,tetanmgga,kelompok diskusi dan
sebagainya.
Dengan
demikian komunikasi kelompok biasanya merujuk pada komunikasi kelompok kecil (small group communication) jadi bersifat
tatap muka.komunikasi kelompok dengan sendirinya melibatkan juga komunikasi
antar pribadi,karena itu kebanyakan teori komunikasi antarpribadi berlaku juga
bagi komunikasi kelompok.
4. Komunikasi
publik
Komunikasi
publik (public communication) adalah komunikasi antar seorang pembicara dengan
sejumlah besar orang (khalayak), yang tidak bisa di kenali satu
persatu.komunikasi demikian juga sering disebut pidato,ceramah,atau kuliah
umum.contohnya adalah tabligh akbar K.H Zainuddin MZ merupan salah satu contoh
komunikasi publik . beberapa pakar komunikasi menggunakan istilah komunikasi
kelompok besar (large group communication).
5. Komunikasi
organisasi
Komunikasi
organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu
organisasi,bersifat formal dan berlangsung dalam jaringan yang lebih bessar
daripada komunikasi kelompok. Oleh karena itu,organisasi dapat diartikan
sebagai kelompok dari kelompik-kelompok. Komunikasi organisasi sering kali
melibatkan komunikasi diadik,antarpribadi dan adakalanya juga komunikasi publik. Komunikasi formal adalah
komunikasi menurut struktur organisasi, yakni komunikasi kebawah,keatas,dan
komunikasio horizontal. Sedangkan komunikasi informal tidak bergantung pada
struktur organisasi, seperti komunikasi antarsejawat.
6. Komunikasi
massa
Komunikasi
massa ( mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media –massa,baik
media cetak (surat kabar dan majalah) atau elektronik (televisi dan radio),
berbiaya relatif mahal,yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang yang dilembagakan, yang ditunjukan
pada sejumlah besar orang yanmg tersebar dibanyak tempat,anonim,heterogen.
Pesan-pesannya bersifat umum, disampaikan secara cepat, serentak, dan selintas
(khususnya media elektronik).Meskipun khalayak adakalanya menyampaikan pesan
kepada lembaga, karena lembagalah yang menentukan agendanya . komunikasi antar
pribadi, komunikasi kelompok , komunikasi publik dan komunikasi organisasi
berlangsung juga dalam proses untuk mempersiapkan pesan yang di sampaikan media
massa ini.
Comments
Post a Comment